Pertamina dan Chandra Asri Bangun Pabrik Bijih Plastik

image

Nilai investasi pabrik biji plastik ini mencapai US$200 juta.

Senin, 3 Desember 2012, 17:45 Iwan Kurniawan, Alfin Tofler
Pertamina dan Chandra Asri bangun pabrik biji plastik di Balongan (Pertamina)
VIVAnews - Perusahaan energi pelat merah, PT Pertamina, menggandeng PT Chandra Asri Petrochemical Tbk untuk membangun pabrik bijih plastik (polypropylene) berkapasitas 250 ribu ton per tahun. Pabrik ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan bijih plastik di Asia Tenggara.
Direktur Pengolahan Pertamina, Chrisna Damayanto, menjelaskan, pabrik ini berlokasi di dalam unit pengolahan VI Pertamina di Balongan dan direncanakan mulai beroperasi pada 2015.

Rencananya, Pertamina dan Chandra Asri akan membentuk perusahaan patungan untuk membangun dan mengoperasikan proyek senilai US$200 juta itu. "Mungkin komposisi sahamnya bisa 50:50, atau bisa juga 51:49," kata Chrisna seusai penandatanganan nota kesepahaman Pertamina-Chandra Asri di Jakarta, Senin 3 Desember 2012.

Ia menjelaskan, pabrik ini akan dirancang untuk memproduksi berbagai jenis polypropylene. Dengan kapasitas produksi mencapai 250 ribu ton per tahun, maka diharapkan pabrik ini dapat memenuhi permintaan bijih plastik di Indonesia dan Asia Tenggara.

Pembangunan pabrik ini merupakan pengembangan bisnis petrokimia Pertamina dengan merambah ke industri polypropylene.

Sementara itu, Direktur Utama Chandra Asri, Erwin Ciputra, menjelaskan, industri polypropylene di Indonesia masih mempunyai potensi yang sangat besar, karena saat ini Indonesia masih ketergantungan impor bijih plastik. Industri bijih plastik dalam negeri baru mampu memenuhi 50 persen kebutuhan domestik.

"Dengan beroperasinya pabrik ini, maka akan membantu Indonesia menghindari ketergantungan impor produk polypropylene," katanya.

Dalam laman Chandra Asri dijelaskan, perusahaan mempunyai pabrik petrokimia di Ciwandan, Cilegon seluas 126 hektare. Pabrik ini merupakan salah satu pabrik bijih plastik terbesar di Indonesia dengan total kapasitas 2,2 juta ton bijih plastik. (art)

Sat, 8 Dec 2012 @11:54


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 6+5+3

Copyright © 2014 PT. Cahaya Kharisma Plasindo · All Rights Reserved | powered by sitekno